About Me

Foto saya
SUSUNAN ORGANISASI: PENDIRI: -takira akuryoo(kholik faizal) -rou kageru(geri megianto) -kuroi yuki(adi setyo pamungkas) ANGGOTA: -taicho kiken(untung setiawan) -akai benekichan(khasanatun nikmah) -morisaki(to'at) -kagome(siti fatimah) -sinji amagay(singgih prayitno) -susi susanti -iif prayogi -anju onikage (nova andrianto) -kami no shimo be(tri wahyudi)
Teriyaki (照り焼き, てりやき?) adalah cara memasak makanan Jepang yang dipanaskan atau dipanggang di atas wajan atau kisi-kisi dari besi untuk memanggang dengan menggunakan saus teriyaki (tare). Saus teriyaki dibuat dari kecap asin (shōyu), sake untuk memasak, dan gula pasir dengan takaran 1:1:1.
Kata teriyaki berasal dari kata teri yang artinya bersinar (karena mengandung gula), dan kata yaki yang artinya dibakar atau dipanggang. Sewaktu sedang membuat teriyaki, bahan-bahan makanan yang akan dipanggang dicelupkan dan diolesi dengan saus teriyaki sampai beberapa kali hingga betul-betul masak. Di Jepang, bahan yang banyak dipakai pada masakan teriyaki adalah ikan (salem, tongkol, mackarel, trout, marlin), sedangkan di luar Jepang digunakan berbagai jenis daging (ayam, sapi, babi), atau cumi-cumi maupun bahan dari ubi konnyaku.

Comments (0)